Tags

, ,

Nurvita Indarini – detikcom

wallpaper2
Tokyo – Komik dan kartun Jepang yang bercirikan manga sangat populer di dunia. Tak heran jika Jepang lantas meluncurkan diplomasi manga.

Menurut Wikipedia, manga adalah kata komik dalam bahasa Jepang. Gambar manga biasanya digoreskan dengan sederhana khususnya pada bagian muka, dengan ciri khas mata besar, mulut kecil dan hidung sejumput. Meski demikian, ada juga manga yang digambar dengan gaya yang realistis.

Bentuk diplomasi itu adalah dengan menggelar International Manga Award untuk warga negara asing. Satu pemenang dan tiga runner up-nya akan diberi penghargaan pada Juli mendatang. “Dengan penghargaan ini, diharapkan ada saling pengertian antara kebudayaan Jepang dengan pembuat komik dari negara lain,” ujar Kementerian Luar Negeri Jepang, seperti dilansir dari AFP, Selasa (22/5/2007).

Rencananya pemberian penghargaan ini akan diselenggarakan tiap tahun. Para pemenang selain diberi kesempatan untuk berkunjung ke Jepang, juga akan mendapat hadiah uang. Kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat dunia.

Ide penyelenggaraan kegiatan ini muncul dari Menlu Jepang Taro Aso. Pria yang pernah menjadi pebisnis ini memang sangat menggemari komik manga. Gagasan tercetus manakala Aso bertemu dengan negarawan Singapura Lee Kwan Yew. Lee mengatakan, Cina baru-baru ini berusaha mempromosikan bahasa dan kebudayaannya ke seluruh dunia melalui Institut Confusius. Aso pun tak mau kalah, dia mengatakan Jepang pun bisa melakukan hal yang sama karena mempunyai manga.

“Menlu Aso mengatakan jumlah orang yang tertarik dengan bahasa Jepang semakin bertambah karena popularitas manga, game, dan subkultur,” imbuh Kementerian Luar Negeri Jepang. Aso pernah mengatakan, manga adalah genre asli Jepang yang unik. Dalam manga, sangat mungkin untuk menggambarkan realitas hidup kepada para pembaca. “Dengan tetap menghormati Mickey dan Donald, ketika Anda melihat J-pop, J-anime, atau J-fashion, daya saingnya lebih dari yang Anda bayangkan,” ujar Aso berpromosi.

Komik manga ala Jepang mendapat perhatian dunia, contohnya adalah Candy Candy yang telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Kartun manganya pun sekali tiga uang. Doraemon, Sailormoon, dan Detektif Conan, adalah sedikit dari sekian banyak kartun manga keluaran Jepang yang menjadi favorit. ( nvt / nvt )