Tags

, , ,

Nurvita Indarini – detikinet

elekt

Jakarta – Polisi Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (8/11) kemarin mengumumkan bahwa 25 tersangka pencuri bagasi penumpang pesawat telah dibekuk. 25 Orang itu diketahui bekerja sebagai porter, yang mengurusi barang dalam bagasi dan bertugas menata barang penumpang di dalam pesawat.

Para komplotan ini biasa mencuri barang-barang penumpang Garuda Indonesia, Batavia Air, dan AirAsia. Penerbangan domestik juga menjadi incaran karena keamanannya yang tidak seketat penerbangan internasional. Setiap orang punya barang favorit masing-masing. Demikian juga para pengutil penumpang pesawat tersebut. Barang favorit incaran pengutilan adalah handphone.

“Mereka paling suka handphone, lalu perhiasan, dan elektronik. Itu 3 barang yang sering dilaporkan hilang oleh para penumpang,” ujar Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Taufik Hidayat pada detikcom, Jumat (9/11/2007).

Dikatakan dia, kebanyakan para penumpang melapor kehilangan kepada pihak maskapai. Namun sayangnya, hanya sedikit maskapai yang meneruskan laporan itu kepada polisi. “Mungkin karena maskapainya takut diperiksa. Kita kan juga tidak bisa langsung masuk ke sana (ke maskapai),” cetus Taufik.

Dia pun mengimbau agar para penumpang tidak menyimpan barang-barang berharga di bagasi. Tas dan koper yang masuk bagasi juga sebaiknya dilengkapi dengan gembok pengaman agar pengutil tidak leluasa beraksi. Meski demikian, polisi akan tetap menangkap para pelaku. ( nvt / amz )