Tags

,

Nurvita Indarini – detikhot

www.kapanlagi.com

http://www.kapanlagi.com

–Washington DC. Aku sedang ingin bercinta karena, mungkin ada kamu di sini kuingin…. Itulah petikan lagu band Dewa bertajuk “Sedang Ingin Bercinta”.

Ternyata, dalam bercinta memang ada banyak motifnya. Studi Universitas Texas di Austin, AS, menyebutkan, ada 237 motif orang melakukan hubungan seks. Wow, jumlah motif yang cukup mencengangkan tentunya. Demikian dilansir dari AFP, Rabu (1/8/2007).

“Kami menemukan, orang-orang berhubungan seks karena banyak alasan,” ujar psikolog Cindy Meston yang mengetuai publikasi paper bertajuk ‘Arsip Tingkah Laku Seks’. Lantas apa saja alasan orang-orang bercinta? Ada yang mengaku memang sedang terangsang, sedang mabuk, dan sedang mencintai seseorang. Namun, ada juga orang-orang yang menyampaikan alasan-alasan bercinta yang tidak umum. Beberapa di antaranya mengatakan karena ingin dekat dengan Tuhan, merasa bersalah dengan seseorang, menghukum diri sendiri, atau karena berada dalam lingkungan yang miskin. Beberapa laki-laki dan perempuan mengaku bercinta karena mendapatkan pekerjaan atau promosi.Tapi ada juga yang melakukannya karena ingin ‘dipakai’.

Ada pula jawaban responden yang cukup mencengangkan dan mengerikan. “Saya ingin menularkan penyakit secara seksual.” Waduh! Ada pula yang mengklaim, bercinta bisa membuat tidur nyenyak, dan bahkan mengobati sakit kepala. Dan beberapa orang mengungkapkan, mereka bercinta karena ingin memiliki anak.

Meston menambahkan, dia sangat terkejut akan adanya kemiripan antar gender yang jelas terlihat dalam studi tersebut. Dari jenis kelamin, ada 20 hingga 25 alasan top bercinta. Aspek jasmaniah merupakan motif paling atas. Studi juga menyebutkan, ketertarikan murni kepada pasangan adalah pemicu yang paling umum untuk bercinta. “Sedangkan untuk stereotipe bahwa laki-laki bercinta karena alasan fisik, dan perempuan bercinta karena alasan cinta, data kami tidak benar-benar mendukungnya,” imbuh Meston.

Termasuk juga bahwa laki-laki bercinta untuk mendapatkan kesenangan semata. Survei ini dilakukan pada 400 mahasiswa dan sukarelawan di universitas AS. Tujuannya adalah untuk menggambarkan berbagai motivasi yang mungkin dilakukan untuk bercinta. “Anda harus tahu mengapa orang-orang bercinta kalau Anda ingin membuat program seks aman. Jika Anda berasumsi bercinta karena mereka sedang ‘panas’ karena suatu hal, maka Anda memberi tahu mereka agar membawa kondom. Tapi bila mereka melakukannya untuk balas dendam atau kerena ingin meningkatkan status sosialnya, maka akan butuh strategi yang berbeda,” beber Meston. Jadi, apa alasan Anda bercinta? (nvt/nrl)

Sudah cukup lama sih tulisan ini diposting di detikcom. But whateverlah, aku lagi ingin bermemori nih he he….