Tags

, ,

soulmate

Soulmate… soulmate itu apa sih? Artikel di wikipedia mengungkapkan, soulmate adalah istilah yang kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang merasakan perasaan mendalam dengan seseorang lainnya, tertarik secara alamiah karena cinta, kedekatan, seksualitas, dan atau karena kecocokan. Jadi seseorang mungkin punya soulmate lebih dari satu.

Salah satu teori soulmate dikemukakan oleh Aristophanes dalam Simposium Plato. Menurutnya,  sebenarnya manusia punya 4 tangan, 4 kaki, dan satu kepala yang memiliki dua wajah. Dengan pengertian ini, Aristophanes meyakini bahwa satu manusia hanya memiliki satu pasangan jiwa.

Aku lebih meyakini kalau seseorang bisa memiliki pasangan jiwa lebih dari satu. Pasangan jiwa itu juga tidak melulu antara laki-laki dengan perempuan. Soulmate itu adalah sahabat yang sangat mengerti satu sama lain sehingga sering kali memikirkan, merasakan, dan menginginkan hal yang sama dalam satu kesempatan.

Beberapa orang tidak percaya adanya soulmate, mungkin karena memang belum menemukannya. Kalau aku, aku percaya adanya soulmate. Ketika seorang perempuan memiliki soulmate yang kebetulan laki-laki, bukan berarti keduanya lantas berjodoh dalam pelaminan.

Awalnya aku merasa aneh, seorang laki-laki dan perempuan yang sangat dekat sehingga satu sama lain saling mengerti dan memahami tapi tidak pernah memiliki hubungan yang lebih dari teman. Keduanya saling membutuhkan, saling tergantung, saling melengkapi, tapi tidak pernah mengubah status pertemanannya. Apakah keduanya menyembunyikan perasaan yang sebenarnya? Mungkin, tapi entahlah…. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika seorang laki-laki dan perempuan dewasa memutuskan untuk berkomitmen.

Pernahkah Anda memikirkan seseorang, berniat menghubunginya, lalu tiba-tiba telepon Anda berdering. Ternyata yang menelpon adalah orang yang Anda pikirkan. Berapa kali hal seperti itu terjadi? Bila berkali-kali, layakkah hal itu dikatakan sebagai sesuatu yang terjadi karena kebetulan semata? Saya rasa ada hal tersembunyi yang sulit dijelaskan dengan logika.

Advertisements