Tags

, ,

Los Angeles- Obama. Begitu mendengar kata itu, pasti yang terbayang adalah Presiden AS saat ini, Barack Obama. Tapi obama tidak selalu nama orang. Sebab kini kata obama telah menjadi salah satu bahasa slang Inggris Amerika.

Edisi keenam UCLA Slang yang dipublikasikan bulan ini, menambah beberapa kosakata baru. Kamus tersebut dirilis setiap empat tahun oleh profesor linguistik Pamela Munro dan mahasiswanya di Universitas California Los Angeles (UCLA). Demikian diberitakan Reuters pada Senin (3/8/2009).

Menurut Munro, kosakata dalam kamus disusun menggunakan proses metodik . Hal itu dimulai dari para mahasiswa yang mengumpulkan kata-kata slang dari teman-temannya dengan diikuti analisis detil untuk memastikan kata tersebut dieja dan didefinisikan dengan tepat.

“Para mahasiswa belajar banyak tentang grammar, bahasa dan linguistik,” kata Munro.

“Anda dapat mempelajari sesuatu yang Anda inginkan tentang bahasa umum melalui media slang,” imbuh perempuan tersebut.

Kamus Bahasa Inggris Slang setebal 160 halaman tersebut berisi istilah, difinisi, bagian ucapan, contoh kalimat, catatan etimologi, dan kata slang baru yang asli. Kata slang baru yang dimasukkan dalam edisi teranyar kamus tersebut antara lain ‘presh’ yang berarti manis (cute) atau berharga (precious).

Kata lainnya adalah ‘fomo’ yang artinya takut kehilangan sesuatu. ‘Schwa’ artinya sama dengan wow. Lantas bila Anda mendengar kalimat “You so obama”, itu berarti “Anda sangat keren”.

Kata slang ‘bromance’ berarti pertemanan yang sangat dekat hingga seperti saudara. ‘Bellig’ artinya mabuk dan berperang. ‘Eargasm’ bermakna ya seperti itulah kedengarannya. Selain kata-kata baru tersebut, disebutkan pula istilah ‘I.D.K’ yang mengindikasikan I didn’t know.

.’. saya terjemahkan bebas dari Reuters