Tags

, , ,

heli-chin

If you can imagine it, you can achieve it. If you can dream it, you can become it. Agaknya kata-kata motivasi yang pernah diucapkan Wiliam Arthur Ward itu diterapkan benar dalam pikiran dan tindakan seorang petani asal China. Mimpi masa kanak-kanaknya untuk membuat helikopter pun terwujud.

Wu Zhongyuan (20) adalah petani yang hanya mengenyam pendidikan dasar. Meski demikian, pria asal Luoyang, Provinsi Henan ini mampu membuat helikopter. Demikian diberitakan ananova pada Selasa (4/8/2009).

Helikopter tersebut dibuat dalam waktu hampir tiga bulan. Wu mengatakan, dia mengingat-ingat pelajaran fisika yang diperolehnya saat masih duduk di sekolah menengah untuk membuat mesin. Dia mengklaim, mesin yang dibuatnya mampu terbang hingga ketinggian 800 meter.

“Saya tidak punya desain. Sumber pengetahuan yang relevan saya dapat dari surfing di internet dengan menggunakan telepon seluler,” ujarnya.

Baling-baling helikopter dibuat dari kayu pohon elm, sedangkan mesinnya berasal dari sepeda motor. Kerangka helikopter merupakan gabungan pipa baja. Demikian laporan Dahe Daily.

Wu yang tinggal di desa pegunungan mengatakan, “Saya punya mimpi sejak kecil, tidak perlu mendaki gunung lagi. Saya ingin pergi ke sekolah dengan mesin terbang milik sendiri.”

Sang Ayah, Wu Xizha, mengungkapkan, anaknya telah menghabiskan uang kurang dari £1,000 untuk mengembangkan helikopter yang akan diterbangkan perdana pada pekan ini. “Dia sangat menyukai mesin. Berkali-kali dia sering membongkar dan memasang kembali peralatan elektronik di rumah,” tambah sang ayah.