Tags

, ,

http://juventus.it/site/filesite/news/cover_chievo_diego.jpg

Diego pencetak 2 gol Juve ke gawang Roma (http://juventus.it/site/filesite/news/cover_chievo_diego.jpg)

Hasil positif ditorehkan Juventus dalam dua pertandingan Lega Calcio Seria-A Italia secara berturut-turut. Setelah pekan lalu berhasil mengalahkan Chievo, kini giliran AS Roma yang dipecundangi. 3 Gol Juventus membungkam lolongan ‘Sang Srigala’ .

Pada partai tandang ke Stadio Olimpico di Roma pada Minggu (30/8/2009), Juventus tampil tanpa Il Capitano Alessandro Del Piero. Pelatih Juventus Ciro Ferara lebih memilih menduetkan Iaquinta dan Amauri di barisan striker.

Di menit-menit awal babak pertama, Juventus mulai menekan AS Roma. Gol pertama Juve dicetak oleh Diego di menit 25 lewat aksi individunya setelah berhasil merebut bola dari difensore AS Roma Marco Cassetti dan melewati John Arne Riise. Pasukan ‘Srigala’ yang diasuh Luciano Spaletti tidak mau kalah, De Rossi mampu menjebol gawang Juve yang dijaga Gianluigi Buffon di menit 35. Gol Rossi berawal dari tendangan bebas yang diberikan wasit kepada AS Roma. Para pemain Juventus yang tidak siap saat tendangan bebas dilakukan dimanfaatkan Rossi dengan terus menggenjot bola ke depan, sehingga gol pun tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, AS Roma berusaha menampilkan permainan yang lebih menyerang, ditandai dengan masuknya strikernya Alessio Cerci dan Mirko Vucinic. Namun bukannya gol bertambah, Roma malah harus memungut bola dari gawangnya setelah Diego kembali mengukir skor untuk Juve di menit 67 setelah mendapat umpan dari Iaquinta dan mengecoh Philippe Mexes.

Ferara tampaknya ingin mengamankan kemenangan 2-1, sehingga dia memasukkan gelandang Christien Poulsen untuk menggantikan Diego. Setelah Diego keluar, Totti mendapat peluang membobol gawang Juve di menit 78, namun membentur tiang gawang. Inilah kans terbaik Roma setelah sebelumnya berpeluang pula merobek jala Juve melalui kaki Menez dan Fucinic. Sayang, tendangan Menez masih melebar, sedangkan sundulan Fucinic yang dilakukan sambil terbang juga melebar.

Kemenangan Juve dilengkapi oleh gol yang diukir oleh gelandang barunya yang dibeli dari Fiorentina, Felipe Mello. Pemain asal Brazil ini merobek gawang kiper Sergio di saat injury time. Mello menggiring sendiri bola dari tengah lapangan, dan saat menaklukan Sergio tidak ada satupun pemain Roma yang menghalangi.

Dalam pertandingan yang bertabur delapan kartu kuning tersebut, Juventus memiliki beberapa peluang gol tambahan, di antaranya saat Marchisio mendapat bola muntah Amauri. Sayangnya bek Roma sanggup menghalaunya. Amauri juga memiliki kesempatan di menit 53, saat dia menguasai bola di sisi kiri kotak penalti Roma dan menembakkannya, namun bola mengarah tepat ke tangan Sergio.

Kemenangan Juventus ini membawa La Vecchia Signora menduduki posisi teratas klasemen sementara dengan poin 6. Inter Milan yang sehari sebelumnya mempecundangi AC Milan dengan skor 4-0 hingga pekan kedua masih berada di bawah Juve karena baru mengantongi nilai 4.

Pada pekan ketiga, Juventus akan menghadapi partai tandang menghadapi Lazio. Sedangkan AS Roma akan melawan Siena di Comunale Artemio Francchi.