Tags

, ,

(Gambar: http://www.juventus.it)

14 Februari dikenal sebagian kalangan sebagai Hari Valentine. Ada berbagai versi sejarah kemunculan Hari Valentine. Namun yang jelas, bagi Juventus dan Genoa, 14 Februari telah menjadi bagian dari sejarah keduanya.

Pada 14 Februari 1993, Juventus dan Genoa bertanding di ajang Piala UEFA. Juventus memenangkan pertandingan melalui gol yang dicetak Fabrizio Ravanelli pada menit ke-13 babak kedua. Demikian dikutip dari http://www.juventus.it (12/2/2010).

Saat itu Juve diasuh oleh Giovano Trapattoni. Starting line up  pada pertandingan tersebut adalah Rampulla, Torricelli, Dino Baggio, Conte, Kohler, Carrera, Di Canio, Platt, Vialli, Moeller, dan Casiraghi. Ravanelli mencetak gol setelah diturunkan sebagai pemain pengganti.

Sedangkan Genoa pada 17 tahun lalu dilatih oleh Maifredi. Formasi pemain yang diturunkan untuk menghadapi Juve saat itu adalah: Spagnulo, Panucci, Torrente, Signorini, Caricola, Andrea Fortunato, Ruotolo, Bortolazzi, Onorati, Skuhravy, Branco.

Pada Minggu 14 Februari 2010 nanti adalah pertemuan Juve dan Genoa yang kedua di Hari Valentine. Bedanya, kali ini mereka bertemu dalam lanjutan kompetisi Lega Calcio Serie-A Italia. Bologna bertandang ke Stadio Olimpico di Torino dengan berbekal kemenangan 1-0 atas Chievo pada pekan sebelumnya. Para pemain Bologna yang akan diturunkan pelatih Gasperini adalah Amelia, Papastathopoulos, Dainelli, Moretti, Rossi, Milanetto, Juric, Mesto, Acquafresca, Sculli, dan Palacio.

Sedangkan Juventus akan menjamu Genoa dengan berbekal hasil seri saat melawan Livorno pekan lalu. Di situs resmi Juventus pada 12 Februari 2010 hingga pukul 22.30 WIB belum dirilis pemain yang akan diturunkan oelh pelatih Zaccheroni saat menghadapi Genoa.

Dalam sejarah, Juventus telah 43 kali menjamu  Genoa, termasuk saat keduanya bermain di Serie-B pada musim kompetisi 2006/2007. Kemenangan Juventus di kandang mendominasi pertemuan keduanya yakni sebanyak 33 kali. Sedangkan hasil seri tercatat sebanyak 7 kali. Skor akhir pertandingan yang paling sering terjadi adalah 2-0 yakni sebanyak 7 kali.

Hingga pekan ke-23 Juventus dan Genoa mengantongi poin yang sama yakni 35. Keduanya sama-sama telah mencetak 10 kemenangan, 5 hasil seri, dan 10 kali menderita kekalahan. Juve bercokol di posisi 7 klasemen sementara Lega Calcio Serie-A Italia, sedangkan Genoa menduduki posisi ke-8. Posisi Juve berada di atas Genoa lantaran memiliki selisih gol yang lebih baik.