Tags

(Gedung Landmark tempat pesta berlangsung)

Gedung Landmark yang terletak di Jalan Braga, Bandung, sedang ramai. Maklum tengah ada pesta yang digelar sejak 17 hingga 23 Februari 2010. Ya, di sini ada pesta, namanya Pesta Buku.

Buku berbagai genre bertebaran di puluhan stan yang berjajar di dalam gedung. Komik, novel, religius, motivasi, komputer, pendidikan, dan sosial politik dibawa para pedagang demi memuaskan dahaga para pencari buku.

Saya datang ke pesta tersebut pada hari kedua acara, selepas dzuhur. Sebenarnya sih tidak terlalu ramai (saya membandingkan dengan beberapa acara serupa yang digelar di Jogja dan di Jakarta). Tapi lumayan bikin berkeringat.

Stan yang rata-rata ramai pengunjung adalah yang khusus menyediakan buku bertema religius dan yang memberikan diskon besar. Buku dijual mulai dari harga Rp 2.500. Ya, bukan buku baru memang. Kertasnya bahkan sudah menguning dan bukan buku berjumlah halaman banyak. Komik juga menjadi sasaran pengunjung, sebagian besar yang menyemut di rak komik adalah orang-orang berseragam SMP-SMA.

(Suasana pesta)

Ada satu stan yang paling ramai, yakni stan yang menjual buku serba Rp 10 ribu, 15 ribu, 20 ribu, dan 25 ribu. Karena stannya sempit, para pengunjung harus berdesak-desak. Kaki terinjak, punggung kesenggol, atau kepala kepentok menjadi pemandangan lazim di stan tersebut. Saya cukup lama berjibaku di tempat itu, tapi hanya keluar membawa satu bukušŸ˜¦

Saya sengaja membawa uang pas-pasan saat datang ke pesta itu untuk menghindari kekalapan dan memang karena dompet saya sudah sangat tipis he he. Di sana saya berhasil mendapatkan buku tentang televisi yang selama ini saya cari-cari buat tambahan referensi tesis. Buku lainnya adalah tentang terorisme (lagi-lagi buku semacam ini yang saya beli), buku religi, dan komik (teteup.. he he).

(Buku yang saya beli)

Jadi ingat beberapa waktu lalu waktu masih di Jakarta. Sepulang piket malam, saya meluncur ke JCC buat hunting buku. Saking sibuknya menyambangi stan-stan yang ada sampai tidak sadar ada hampir 20 panggilan masuk dan belasan SMS menyambangi hape saya, akibatnya hampir mendapat amuk massa he he….