Tags

London – Mimpi bukanlah sekadar bunga tidur. Ternyata mimpi juga memainkan peran penting dalam mempertahankan kesehatan fisik dan mental.

Para ilmuwan percaya, otak membutuhkan mimpi setiap malam untuk menghentikan kerusakan secara psikologi. Demikian seperti dilansir dari The Sun, Kamis (17/1/2008).

Meskipun pada pagi harinya kita tidak mengingat mimpi kita semalam, namun otak kita sudah sibuk melakukan penyortiran dan dan pengarsipan memori, gambar, dan emosi untuk menjaga segala sesuatunya berjalan dengan baik.

“Mimpi yang jelas adalah saat Anda sadar bahwa Anda sedang di alam mimpi,” jelas Direktur Klinik Psikologi di Universitas Coventry, Inggris, Professor Delia Cushway.

Beberapa orang mengatakan, mereka bisa mengontrol waktu untuk bemimpi melalui proses pemimpian yang jelas. Hal itu menunjukkan ada teknik yang bisa dipelajari. Caranya adalah dengan ‘memberi tahu’ otak, gambar atau karakter apa yang ingin dilihat sebelum tidur.

“Saya menangani pria muda yang mengalami mimpi buruk tentang rumah yang terbakar habis. Kami memberitahunya untuk menelepon 999 dan membawanya ke pemadam kebakaran dan menyuruhnya memakai helm,” ujar Cushway.

“Hal itu memberikan kemampuan baginya untuk bisa memanfaatkan mimpi buruknya. Setelah itu, dia tak lagi takut pada api,” imbuhnya.

Arti Mimpi

Mimpi punya banyak arti. Beda kultur ternyata bisa beda juga dalam mengartikan mimpi. Berikut arti mimpi versi Inggris terhadap 5 mimpi yang paling sering dimimpikan:

Mimpi jatuh. Merepresentasikan kegelisahan dan ketidakstabilan. Mimpi jatuh sering terjadi pada saat awal tidur dan biasanya disertai dengan kejang otot di lengan atau kaki.

Gigi tanggal. Menggambarkan ketakutan dan kehilangan kekuasaan. Sebab gigi bukan hanya diperlukan untuk menggigit dan mengunyah, melainkan bagian penting dari penampilan Anda.

Terbang. Bisa diartikan Anda telah menyelesaikan masalah besar dalam hidup.

Mimpi telanjang. Telanjang di depan umum biasanya berarti Anda menyembunyikan sesuatu atau merasa diserang.

Mimpi lari. Dapat diartikan Anda sedang dikejar sesuatu, gelisah, serta mempunyai tekanan di rumah atau tempat kerja.

Tidur Nyenyak

Manusia memerlukan berbagai langkah agar bisa tidur secara sempurna, termasuk fase bermimpi dan tidur nyenyak. Tidur nyenyak sangat penting bagi tubuh karena membiarkan tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri.

Bila kita tidak tidur dengan nyenyak, maka berisiko terkena diabetes. Demikian penelitian Universitas Chicago baru-baru ini.

Bila tidur terganggu maka kemampuan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi juga terganggu. Akibatnya risiko diabetes tipe 2 juga meningkat.

Penelitian jangka panjang di AS menemukan, perempuan yang tidur kurang dari 5 jam, 30 persennya lebih berisiko mengalami penambahan berat badan setelah 16 tahun.

Orang yang hanya tidur kurang dari 5 jam, 39 persennya lebih berisiko terkena serangan jantung daripada yang tidur 8 jam. Sebab ada perbedaan tekanan darah dan tingkat gula darah.

Asosiasi Jantung Amerika mengingatkan, kurang tidur juga berhubungan dengan hipertensi. Studi di Universitas Kolombia menyatakan, tidur membuat jantung santai dan menurunkan tekanan darah.

Rasa sedih ditengarai membuat orang susah tidur. Namun para peneliti belum dapat membuktikan apakah rasa sedih memicu timbulnya masalah tidur.

Di balik beritanya:

Seperti biasa tiap kali mau piket malam, aku selalu mempersiapkan diri. Di rumah, sebelum berangkat piket, sebisa mungkin aku tidur yang layak. Ini penting agar aku tampil bugar dan prima (ceilee) saat menghadapi komputer dan dinginnya AC kantor.

Ternyata hanya belakangan saja aku bisa tidur layak. Duluuu tiap kali mau piket aku malah berkeliaran. Alhasil, waktu tidurku sangat sedikit.

Biasanya di rumah aku buka-buka situs kami untuk tahu apa yang lagi hangat. Tak lupa juga ngintip website tetanga, menonton tv yang isinya berita mulu, dan menjelang bobok siang aku mendengarkan radio yang isinya juga berita mulu. Ups sebelumnya aku sempatin ambil buku catatan lantas membuat daftar tulisan apa yang mau aku buat dan mau wawancara siapa.

Sesampainya di kantor (aku berusaha untuk selalu datang tepat waktu, pukul 17.00 WIB) aku lantas mengumpulkan artikel dari media luar untuk dialihbahasakan ke bahasa Indonesia sambil baca-baca berita media sendiri. Sehabis maghrib biasanya aku sudah mulai wawancara narasumber untuk menabung berita besok pagi. Tapi ini juga kalau nggak lagi ramai laporan atau peristiwa.

Biasanya, pukul 22.00 WIB udah mulai sepi berita, jadi aku mulai translate berita-berita dari media asing. Aku berusaha sebisa mungkin tiap jam ada berita yang di-upload. Bukan apa-apa, mana tahu ada orang yang insomnia dan pengen buka situs kami. Dan salah satu berita dari media asing yang kualihbahasakan adalah soal mimpi ini…. Kalau nggak salah berita ini ku-upload beberapa menit sebelum aku pulang ke rumah.

Aku suka nulis berita yang lucu, aneh, soal kesehatan, dan soal teknologi gitu. Jadi rata-rata berita yang kukumpulkan untuk ditranslate ya soal itu. Tapi harus lihat-lihat juga di luar negeri lagi panas apa, misale kudeta di Thailand, eksekusi Sadam Hussain, dll.

Kadang aku nggak tidur selama piket malam. Kalaupun tidur, aku selalu tidur dengan ngadepin radio. Pokoknya aku nggak boleh tidur dengan posisi nyaman. Kalau udah nyaman, bisa-bisa aku bukannya kerja malah tidur mulu. Seringnya sih selama piket malam aku nggak ngantuk, dan biasanya kalau ngantuk, tuh kantuk menyerang pas subuh. Jadi kadang aku tidur 15-30 menit dari pukul 05.00 WIB.

Berita tentang mimpi ini dapat banyak tanggapan. Ada yang menghujat, ngapain detikcom bikin berita kayak begitu. Pakai ada arti mimpi lagi, dipikirnya tuh yang nggak logis banget gitu. Tapi kupikir yang bilang itu nggak logis nggak baca dengan teliti deh. Soalnya arti mimpinya menurutku masih make sense. Yang nggak logis kan kalau bilang mimpi dikejar ular katanya mau kawin, gigi tanggal ada yang mau meninggal, dll yang nggak bisa dijelasin apa sebab dan akibatnya. Yah, masing-masing punya opini.