“Mbak, kukumu ada bunganya ya?” tanya adikku yang paling kecil beberapa waktu lalu.

“Iya nih, kenapa emang?”

“Itu di jari tangan kanan kan? Berarti ada yang suka sama kamu. Kalau di jari kiri ada yang benci sama kamu,” jelas dia.

“Hah? Apa hubungannya orang suka, orang benci, sama bunga kuku. Nggak logis itu.”

“Beneran tahu.”

“Nih ya, bercak putih di kuku kayak gini ini karena pernah ada semacam luka di dalam kuku sana. Mungkin kejepit, kejeduk, or apalah. Dulu Mbak Ta pernah baca di Bobo.”

“Mmm kalau jerawatan artinya banyak yang suka, beneran nggak Mbak? Kalau bener berarti Mbak Ta nggak ada yang suka dong.”

“He he itu juga nggak ada hubungannya. Jerawat itu kan muncul karena minyak berlebihan di muka terus bercampur sama sel kulit mati jadinya menyumbat saluran rambut sama pori-pori kulit. Di area yang kesumbat itu biasanya bakteri berkembang biak, jadinya muncul peradangan, ya itu jerawat. Di umur kayak kamu, ada hormon yang aktif berproduksi terus menghasilkan minyak itu. Kalau udah dewasa ada juga saat-saat tertentu yang bikin salah satu hormon lebih aktif.”

“Gitu ya? Terus kenapa sih kita bisa jatuh cinta?”

“Itu udah kehendak Allah,” jawabku singkat.

“Tapi pasti kan ada penjelasan panjangnya, Mbak.”

“Mbak Ta pernah baca sih, tapi lupa. Nanti ya, Mbak Ta cari dulu tulisan-tulisan tentang itu.”

Hmm bisa jadi bahan postinganūüėõ