Tags

,

Sebenarnya judulnya tidak cocok dengan yang akan saya tulis, tapi berhubung tulisan sebelumnya yang berisi tips backpacking ke luar negeri sudah diberi angka 1, ya sudahlah saya tetap memakai judul di atas. Tulisan ini tentang sedikit tips untuk meminimalkan biaya saat backpacking ke luar negeri.

1. Untuk keperluan tempat tinggal, pilihlah hostel atau guest house daripada hotel. Di beberapa tempat (utamanya kawasan backpacker) banyak hostel yang menyediakan kamar dengan banyak tempat tidur (bahkan hingga 6 tempat tidur).

2. Untuk transportasi di daerah yang Anda kunjungi, bertanyalah kepada pemilik hostel  atau guest house di mana dan bagaimana Anda bisa mendapat transportasi murah. Tanyakan juga range harga-nya, hal ini penting untuk menghindari trik-trik sopir taksi lokal. Kalau Anda mau, gunakan saja bus umum ataupun kereta yang menggunakan harga standar.

3. Minimalkan penukaran mata uang di bandara karena rate-nya rendah. Lebih baik Anda menukar uang di bank setempat. Anda juga bisa menukarnya di guesthouse atau hostel yang Anda tempati.

Pengalaman saya ketika melawat ke negara Indochina, saya menukar sedikit dollar dengan mata uang setempat di money changer bandara untuk transportasi menuju penginapan. Money changer bandara menerima penukaran dollar dengan pecahan kecil. Mereka mau menerima S$ 2 yang saya tukar. Tapi money changer di luar bandara tidak mau menerima recehan, wah tahu begitu receh-receh saya tukar semua di bandara.

Bila berencana bepergian ke beberapa negara yang bertetangga namun hanya tinggal beberapa hari di setiap negara tersebut, jangan tukar uang Anda dalam jumlah besar. Mungkin Anda tidak akan punya waktu yang cukup untuk menghabiskan uang lokal itu.

4.  Untuk berkomunikasi, hindari penggunaan handphone Anda untuk melakukan panggilan internasional. Lebih baik anda menggukan skype di warnet terdekat. Penggunaan SIM card lokal akan membuat Anda berhemat dalam melakukan panggilan domestik. Untuk mengaktifkan SIM card lokal yang baru saja Anda beli, mintalah bantuan penjual SIM card itu.

5.  Bila negara yang Anda datangi wilayahnya tidak terlalu luas dan Anda punya banyak waktu, hindari penggunaan jasa agen wisata. Lebih baik Anda pergi sendiri dengan menyewa sepeda motor atau mobil atau menggunakan transportasi umum untuk menghemat biaya. Sebelumnya, cari tahu dulu informasi sebanyak-banyaknya di mana lokasi tempat wisata yang akan Anda kunjungi dan jalan mana yang harus Anda tempuh agar waktu tidak terbuang percuma karena nyasar.

Substansi tulisan dari http://budgettravelwebpage.com