Tags

Gambar di atas adalah pria yang diduga teroris, Umar Patek. Dia memang berjenggot. Mungkin dia memakai baju koko atau semacam gamis. Tapi perlu digaris bawahi, pria berjenggot dan bergamis atau perempuan bercadar tidak serta merta teroris. Bila terminologi terorisme mengacu pada penggunaan kekerasan guna menakut-nakuti target dalam mencapai tujuan politisnya, maka di luar sana ada teroris-teroris tidak berjenggot.

Umar Patek diduga terkait dengan peristiwa Bom Bali I. Dia merupakan salah satu buronan internasional dan dihargai US$ 1 juta. Sebelumnya Umar ditengarai berada di Mindanao, Filipina. Namun kini Kepolisian RI meyakini pria tersebut berada di Indonesia. Meski demikian Polri tetap menjalin kerjasama dengan Kepolisian Filipina untuk mencari dan menangkap pria yang ditengarai memiliki kemampuan merakit firing devices (pemantik) bom itu.

(Gambar: http://www.fajar.co.id/)

Dia diketahui lama menetap di Mindanao, Filipina Selatan, dan bergabung dengan faksi Abu Sayyaf di Jolo. Dia juga menikah dengan seorang perempuan asli suku Moro. Menurut informasi polisi, ketika kembali ke Indonesia, Umar sempat melatih orang-orang yang juga diduga teroris di Aceh guna membangun kekuatan baru.

Umar diperkirakan bertinggi badan 160 cm dan berbobot 60 kilogram. Dia merupakan keturunan Arab dan pernah tinggal di Pekalongan. Umar mempunyai beberapa nama alias, di antaranya, Umar Kecil, Umar Arab, Pa’tek, Pak Ta’ek, Abu Syekh, dan Zacky.

Selain Umar Patek, polisi juga memburu Zulkarnaen dan Heru Kuncuro. Kini petugas telah menyebar selebaran bergambar terduga teroris yang diburu. Selebaran itu bergambar: Abu Yusuf alias Mustaqim, Ubaid alias Adi alias Jakfar, Ziad alias Deni Suramto alias Toriq, Tono alias Rahmad alias Bayu Seno, Abu Rimba alias Munir alias Abu Uteuen, dan Usman alias Gito.

Masyarakat yang mengenali atau mengetahui keberadaan orang-orang yang wajah dan namanya tertera dalam selebaran tersebut diharapkan menghubungi nomor telepon Tim Densus 88 Antiteror di 08116809090, 0811216777 dan 08121298686.

Sumber: http://reskrimum-metro.org

http://www.fajar.co.id