Tags

, ,

(Gambar: http://www.juventus.it)

Pada 16 Mei 2010 ini Lega Calcio Serie-A Italia akan memasuki pekan terakhir musim kompetisi 2009/2010. Dua raksasa Italia, Juventus dan AC Milan akan menutup kompetisi bersama-sama di Kota Milan.

Juve melawat ke kandang Milan dengan berbekal kekalahan 2-3 dari Parma di pekan sebelumnya. Tidak berbeda dengan Juve, Milan pun akan bertanding dengan mengantongi kekalahan 0-1 dari Genoa. 22 Pemain dibawa pelatih Juve Alberto Zaccheroni untuk menggempur pasukan Rossoneri. Mereka adalah: Buffon, Caceres , Chiellini, Felipe Melo, Cannavaro, Grosso, Salihamidzic, Marchisio, Iaquinta, Del Piero, Amauri, Manninger, Zebina, Camoranesi, Trezeguet, Poulsen, Candreva, Paolucci, Diego, De Ceglie, Legrottaglie, dan Piccolo.

Bagi Milan, pertandingan itu sekaligus juga menjadi partai terakhir bersama pelatih Leonardo. Setelah musim ini berakhir, Leonardo akan hengkang menyusul munculnya ketegangan pria Brasil itu dengan petinggi Rossoneri yang tidak bisa diperbaiki. Sedangkan bagi Juve, pertandingan tersebut juga bisa jadi pertandingan terakhir bersama pelatih Zaccheroni. Kontrak Zac berakhir 30 Juni ini dan belum ada pembicaraan perpanjangan kontrak dengan manajemen Juventus. Sementara itu tersiar kabar kursi pelatih Juve musim depan bukan lagi untuk Zac.

Apapun hasil pertandingan tersebut tidak akan membawa Juve ke zona Liga Champions. Sebab hingga pekan ke-37 Juve hanya bercokol di posisi 7 dengan perolehan poin 55. Menang atau kalah tidak akan mengubah posisi Juve di klasemen. Sedangkan bagi Milan, sekalipun menang atas Juve tidak akan membuatnya naik ke posisi 2. Kini Milan duduk di peringkat tiga di bawah AS roma dengan mengantongi 67 poin.

Apapun dan bagaimanapun, pertandingan tersebut sarat gengsi, mengingat keduanya adalah musuh besar. Karena itu pertandingan yang akan digelar pada 16 Mei pukul 01.45 WIB ini sepertinya akan tetap berlangsung panas.

Dalam sejarah pertemuan Milan – Juve, hasil seri-lah yang paling mendominasi, yakni sebanyak 32 kali. Pertemuan di kandang Milan lebih banyak mencatat kemenangan bagi tuan rumah dengan 25 kemenangan. Sedangkan Juve baru mengukir 17 kali kemenangan.

Skor kemenangan tandang Juve atas Milan yang paling banyak adalah 1-0 dan 2-0, masing-masing sebanyak 4 kali. Salah satu kemenangan Juve di San Siro yang paling bersejarah dalam hidup La Vecchia Signora adalah pada 1 April 1995. Dua gol Juve yang dilesakkan Ravanelli dan Vialli membungkam Milan sekaligus juga mengantarkan Juve pada scudettonya yang ke-23. Scudetto itu juga merupakan prestasi pertama pelatih Marcello Lippi, yang sekarang menjadi pelatih Timnas Italia, bersama Il Bianconero.

Sumber: http://www.juventus.it

http://www.detiksport.com