(Sebelum kecebur sawah)

Awal April lalu, aku pulang ke Jogja lantaran mbakku sakit. Untunglah dia segera meninggalkan RS dan tinggal pemulihan aja di rumah. Nah, Selama di Jogja 2 hari 1 malam ada unforgettable moment. Aku kecebur sawar dan dikejar anak sapi.

Mulanya aku dan masku jalan-jalan keliling kampung. Kutunjukkan kali tempatku waktu kecil pernah mandi bareng teman-teman padanya. Jalan-jalan kami lanjutkan ke sawah. Jepret jepret, beberapa kali mas memotretku di antara hijaunya daun padi. Pas kami mau tukar posisi, tiba-tiba, byuuurr… aku jatuh ke sawah. Untungnya masih dalam posisi berdiri so yang kotor cuma celana panjang bagian bawah.

Eit sendal jepitku ke mana ya… Sepertinya raib di antara lumpur sawah. Masku pun nyebur ke sawah untuk mencari sepasang sendal jepit itu. Fiuh untunglah ketemu. Aku bergegas mencuci kaki di parit sekitar sawah. Lalu si mas mencuci sandal-sandal itu sampai kinclong seperti baru he he he.

(Si mas sibuk mencuci sendal)

Kami pun melanjutkan perjalanan. Kali ini ke kandang sapi. Rupanya ada anak sapi yang sedang makan kaget dengan kedatangan kami. Waduh dia lari ke arah kami. Aku pun mengambil langkah seribu. Nggak tahu gimana, aku meninggalkan jalan batu dan malah menuju jalan tanah yang lembek. Di situ, sandalku kembali hilang.

Si mas memanggilku dan memastikan anak sapi itu tidak lagi mengejar kami. Dia tertawa terbahak-bahan menertawakanku yang ketakutan. Huh sebel😦

“Sendal aku ilang lagi,” keluhku.
“Aku cariin deh,” ucap si mas.
“Nggak usah, biarin aja. Tar kamu dikejar ama sapinya lagi.”
“Nggak, tenang aja. Kamu di sini aja ya.”

Masku ini kalau udah punya mau kayaknya emang nggak ada yang bisa ngelarang. Dia pun dengan gagah berani mendatangi tanah tempat sepasang sendalku terbenam. Ciaat, dia keluarkan senjatanya which was ranting pohon. Nggak lama dia kembali ke sampingku dengan selamat sambil membawa sendal jepit itu.

Lagi-lagi dia harus mencuci sendal yang penuh lumpur itu di parit. Cling! Sandal pun kinclong kembali. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di seputaran farming area itu. Betul-betul seru, seram, menegangkan!!