Mungkin perempuan masih menjadi salah satu misteri terbesar. Sebab kerap kali perempuan bersikap ‘ajaib’. Itu makanya Ada Band membuat lagu bertajuk ‘Karena Wanita Ingin Dimengerti’. ‘Keajaiban’ yang dilakukan perempuan kerap kali dilakukan karena mereka ingin dimengerti.

Nah, salah satu sikap ‘ajaib’ perempuan adalah ketika mereka mengucap kata ‘terserah’ tapi diikuti raut muka ditekuk-tekuk. Sungguh pemandangan yang horor bukan?

Berikut ini contoh ilustrasi pengucapan kata ‘terserah’ oleh perempuan:

(Pasangan kekasih sedang mencari tempat untuk makan)

Cowok: Mau makan apa kita?
Cewek: Makan bakso di ujung jalan aja yuk.
Cowok: Ah enggak ah. Bakso di sana nggak enak.
Cewek: Gimana kalau makan batagor samping taman?
Cowok: Tapi aku lagi nggak pengen makan batagor.
Cewek: Makan mi aceh aja, gimana?
Cowok: Ah itu kan mahal.
Cewek: Ya udahlah terserah.

Akhirnya si cowok memacu sepeda motornya dan membawa cewek itu makan mi instan di sebuah warkop pinggir jalan. Saat makan si cewek mukanya ditekuk-tekuk.

Cowok: Kok malah ngambek?
Cewek: Nggak pa-pa
Cowok: Nggak pa-pa kok manyun?
Cewek: Ya abis makannya malah di sini.
Cowok: Lho kan tadi kamu bilang terserah.
(Lalu terlihat percikan api dari rambut si cewek…)

Nah, kata terserah dalam ilustrasi di atas diucapkan cewek karena kesal. Dan kerap kali kata ini jadi andalan cewek saat mereka marah. Dalam situasi itu terserah bisa berarti tidak mau tahu, tidak peduli, saking kesalnya.

Semula ditanya mau makan di mana sama si cowok, tapi semua usulan tempat makan yang dicetuskan cewek ‘dimentahkan’ oleh cowok. Lalu si cowok memutuskan sendiri mereka mau makan di mana. Saya sebagai perempuan juga kesel sih dengan situasi ini. Rasanya seperti dibebaskan berjalan, tapi ekornya dipegangi dan ditarik-tarik.

Nah, sebagai win-win solution sebaiknya saat cewek mulai kesal dan mengucap kata terserah, cobalah untuk menenangkan dia. Jangan membuat keputusan sendiri, tapi rundingkan bersamanya, meskipun itu tampaknya sepele.

Alih-alih langsung memacu sepeda motor ke warkop, si cowok sebaiknya bertanya dulu, “Gimana kalau kita makan mi di warkop aja? Kebetulan duit aku udah tipis banget nih.”
Cewek: Terserah.
Cowok: Nggak apa-apa nih terserah aku? Kamu nggak apa-apa makan mi di warkop?

Dengan menenangkan si cewek, maka komunikasi yang baik akan lebih terbangun. Si cewek bisa berpendapat, si cowok pun juga. Lalu keduanya bisa memutuskan mana tempat makan terbaik yang pas dengan isi kantong dan membuat keduanya senang.

Ada beberapa hal yang membuat perempuan itu gampang ngambek. Misalnya soal perubahan hormon, konsumsi kafein, tidak cukup makan, kurang tidur, atau gangguan tiroid. Tapi intinya sih komunikasi.

Ada baiknya baca ini juga: http://wolipop.detik.com/read/2012/03/16/083923/1868836/852/ini-dia-yang-diinginkan-wanita-ketika-sedang-ngambek

Baca juga ini: http://www.dailymail.co.uk/health/article-1286817/Women-prone-emotional-stress-men-sensitivity-hormone.html