Tags

, ,

nortonApakah Anda, seperti jutaan orang di dunia, menggunakan aplikasi kesehatan atau kebugaran di perangkat mobile untuk memantau tingkat kebugaran Anda, mulai dari pembakaran kalori, berat badan, maupun program pengencangan otot perut atau lari?

Karena penjahat cyber juga secara aktif menargetkan perangkat mobile tanpa perlindungan yang cukup, menjaga keamanan smartphone Anda adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa fakta yang tak bisa diabaikan:

·        Keluarga “malware” mobile (peranti lunak jahat yang bisa mengancam dan membahayakan informasi di perangkat mobile Anda) meningkat hingga 58 persen (2013 Symantec Internet Security Threat Report)
·        61 persen situs berbahaya pada dasarnya adalah situs resmi yang telah dibobol dan terinfeksi kode berbahaya (2013 Symantec Internet Security Threat Report)
·        Lebih dari 1/3 pengguna smartphone telah mengalami kejahatan cyber mobile (2013 Norton Report)
·        57 persen pengguna tidak menyadari adanya solusi keamanan untuk perangkat mobile (2013 Norton Report)

Makin banyaknya aplikasi kebugaran di app store membuka peluang penjahat cyber yang hendak memanfaatkan aplikasi semacam itu untuk mencuri informasi pribadi pengguna. Apakah Anda terbiasa ngebut dan mengacuhkan layar yang menyampaikan hal-hal yang boleh dilakukan oleh aplikasi (Permissions) dan langsung klik Install tanpa benar-benar membaca apalagi memahaminya? Sempatkanlah untuk membaca Permissions tadi. Anda harus tahu jika ternyata Anda menyetujui sesuatu yang sebenarnya tak mau Anda izinkan. Terutama, perhatikan Permissions dari aplikasi gratis. Anda bisa jadi sebenarnya ‘membayar’ aplikasi itu dengan menyediakan akses ke daftar kontak atau bahkan menyilakan pembuat apps memiliki hak penerbitan atas foto-foto Anda.

Penyebar spam juga bisa mempromosikan tawaran palsu terkait produk kesehatan dan kebugaran. Banyak pesan spam semacam ini yang mengajak calon korbannya untuk membeli produk tertentu demi memanfaatkan penawaran khusus. Spam bukan hanya gangguan yang tak diinginkan, tapi juga bisa menjadi jalur penjahat cyber untuk memancing Anda ke situs palsu / “spoof” yang meminta Anda memasukkan nomor kartu kredit atau password. Jadi, hindari jebakan spammer dengan cara paling sederhana: hapus email tawaran yang mencurigakan.

Untuk melindungi Anda dari penjahat cyber, berikut adalah beberapa tips dari Norton by Symantec agar Anda tetap sehat dan bugar saat online:

·        Jangan unduh apps mobile dari sumber yang tak jelas
Salah satu yang menarik dari dunia apps adalah, bahwa praktis semua orang bisa membuatnya – dari perusahaan raksasa menggurita hingga tetangga Anda yang masih berumur 10 tahun. Tapi hal itu juga menjadi kelemahannya, karena ‘semua orang’ bisa berarti penjahat cyber yang memiliki niat jahat. Jadi, sebelum klik tombol unduh, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari tempat resmi, sesuai platform yang Anda gunakan.

·        Jangan tinggalkan jejak
Anda bisa menggunakan internet untuk melacak jalur lari kesukaan, tapi pernahkah Anda menyadari bahwa informasi ini bisa dimanfaatkan oleh penjahat? Apakah informasi yang Anda sampaikan cukup untuk membuat orang lain tahu rute lari Anda setiap hari? Solusinya adalah, jangan terlalu spesifik soal siapa diri Anda dan di mana rute Anda. Saat mem-posting informasi kegiatan olahraga, pastikan identitas Anda terlindungi dan semua yang Anda sampaikan adalah hal-hal umum saja sehingga keamanan Anda tak terancam.

·        Jangan abaikan perlindungan perangkat mobile
Pastikan Anda memiliki peranti lunak keamanan yang otomatis memindai adanya ancaman pada aplikasi yang sudah diunduh serta update-nya, memblokir situs palsu yang dirancang untuk membuat Anda mengungkap informasi pribadi, dan mendeteksi serta menghapus bahaya mobile yang digunakan penjahat cyber untuk menyadap Anda, mengirim pesan spam dan mengendalikan perangkat mobile Anda. Pastikan Anda menjajal Norton Mobile Security yang melindungi perangkat dari kemungkinan masalah privasi, malware dan phishing.

·        Jangan cuek dengan ancaman mobile terbaru
Memiliki pengetahuan tentang ancaman terbaru adalah langkah awal perlindungan mobile, apakah itu informasi mengenai aplikasi jahat maupun trik yang biasa dipakai penjahat cyber. Pantau terus perkembangannya agar Anda bisa selangkah di depan penjahat cyber yang hendak mencuri informasi pribadi Anda.

·        Sering-sering back up data
Amankan file di ponsel Anda dengan melakukan back up data berkala. Lakukan sinkroniasi dengan PC atau layanan Cloud, hal ini akan membuat Anda memiliki salinan digital untuk berjaga-jaga bila ada kejadian / kecelakaan.

 

*) Tulisan ini dari Norton