Tags

, , , ,

Resep makanan buka puasa ini simpel cara bikinnya, namun lezat rasanya. Kali ini saya bikin bolu kukus untuk berbuka puasa. Bolu kukusnya istimewa karena ada isinya lho. Kejutan menyenangkan dalam bolu kukusnya adalah selai kacang SKIPPY® Peanut Butter yang gurih. Aih, siapa yang bisa tahan untuk nggak memakannya.

Saya mengeksekusi resep makanan buka puasa ini bersama si kecil yang baru berusia empat tahun. Nggak butuh waktu lama kok, kurang dari satu jam sudah beres. Si kecil membantu mengambil botol selai kacang Skippy dari lemari makan, sementara ibunya sibuk dengan miksernya.

Saya ceritakan dulu rasa bolu kukus ini ya, teman-teman. Berhubung saya nggak terlalu suka manis, saya nggak pakai banyak gula. Tekstur bolu kukusnya lembut dan padat. Menjelang gigitan terakhir, kejutan berupa selai kacang Skippy di dalam bolu kukus, bakal kita dapatkan. Ternyata bolu kukus isi selai kacang Skippy bisa bikin ketagihan.

Jika teman-teman ingin bikin makanan buka puasa bolu kukus isi selai kacang Skippy, inilah dia langkah-langkah membuatnya.

Bahan membuat bolu kukus isi selai kacang Skippy:

3 butir telur
1 sendok teh SP
10 sendok teh gula
Vanili secukupnya
120 gram tepung terigu
1 sendok teh baking powder
5 sendok teh susu bubuk diseduh dengan 90 ml air atau bisa diganti santan
Pewarna makanan untuk menghias
Skippy peanut butter

Cara membuat bolu kukus isi selai kacang Skippy:

  1. Siapkan panci untuk mengukus, panaskan dengan api sedang.
  2. Mikser telur, SP, dan gula sampai berwarna putih berjejak.
  3. Tambahkan vanili, tepung, dan baking powder ke dalam adonan telur. Aduk perlahan sampai rata menggunakan spatula.
  4. Ambil 3 sendok makan adonan, beri pewarna makanan, aduk rata. Saya pakai warna merah sedikit, sehingga menghasilkan warna pink. Masukkan dalam piping bag, sisihkan.
  5. Tambahkan susu cair ke dalam adonan, aduk hingga tercampur sempurna.
  6. Masukkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah diberi paper cup. Jangan penuh-penuh ya, isi setengah saja dulu.
  7. Masukan satu sendok teh Skippy peanut butter ke dalam cetakan, lalu tutup lagi dengan adonan sampai cetakan penuh.
  8. Hias menggunakan adonan berwarna dalam piping bag.
  9. Kukus kue selama sekitar 20-30 menit. Jangan lupa bungkus tutup panci dengan kain agar uap air tidak jatuh langsung dalam kue yang tengah dikukus.
  10. Sajikan.

Bagaimana, mudah bukan resep makanan buka puasa ini? Kata suami saya, rasa bolunya unik karena terdapat Skippy peanut butter di suapan terakhirnya. Hmm, makan satu bolu nggak cukup lho. Suami saya saja langsung habis empat. Sedangkan si kecil sanggup menghabiskan dua cup bolu kukus dalam sekali makan.

Oke, selamat mengeksekusi resep makanan buka puasa bolu kukus isi Skippy peanut butter ya.

*) Ini merupakan tulisan ketiga dari BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge.