Tags

, ,

Ketombe memang bikin kesal, hmm bagaimana cara menghilangkan si ketombe ini ya? Pertanyaan ini selalu muncul tatkala melihat serpihan berwarna keputihan di rambut. Apalagi jika serpihan ini jatuh ke baju, duh bikin malu. Untungnya saya pakai kerudung, sehingga butiran ketombe ini hanya terlihat oleh orang rumah.

Tapi ketombe nggak hanya mengganggu penampilan semata. Sebab ketombe juga bikin kepala saya gatal. Garuk sana-sini bikin kulit kepala saya lecet. Duh, perihnya.

Nggak tahan dengan keberadaan ketombe, penelitian kecil-kecilan pun saya lakukan. Maksudnya saya membaca beberapa artikel dan pendapat pakar, lalu coba diimplementasikan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel. Apakah berhasil? Simak kisahnya ya. Tapi sebelumnya kita cari tahu dulu, yuk, apa penyebab ketombe.

Penyebab Ketombe

Ketombe adalah serpihan di rambut, terkadang menempel di kulit kepala seperti kerak atau sisik yang berminyak. Kadang ketombe hadir disertai sedikit peradangan dan kemerahan di kulit kepala.

Ketombe sekilas berwana putih, tapi jika diperhatikan warnanya agak kekuningan atau keabu-abuan. Ketombe ini bisa muncul dari produksi minyak yang berlebihan. Demikian dikutip dari mercola.com.

Selain itu, menurut penjelasan National Health Service (NHS), kulit kita secara konstan menghasilkan sel-sel kulit baru dan melepaskan sel-sel tua agar tetap sehat. Nah, ketombe dapat terjadi ketika siklus pembaruan kulit ini meningkat.

Christine Choi Kim, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat di Santa Monica, CA, melihat ada kecenderungan genetik terkait ketombe. Jadi jika di keluarga kita ada yang bertombe, mungkin ayah atau ibu, biasanya kita pun jadi rentan berketombe.

Stres dan makanan tertentu bisa memperburuk ketombe, lho. Susu tinggi lemak, serta makanan manis dan pedas perlu banget kita hindari jika nggak ingin ketombe makin banyak. Selain itu, ketombe umumnya memburuk saat musim dingin.

Nah, ini dia beberapa cara yang diyakini bisa menghilangkan ketombe. Beberapa di antaranya sudah saya coba, dan di tulisan ini saya ceritakan pengalaman mengusir ketombe itu ya.

  1. Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Banyak orang bilang jeruk nipis ampuh mengatasi ketombe. Akhirnya saya membeli beberapa jeruk nipis, memmbelahnya dan mengoleskannya ke kulit kepala secara merata.

Perih banget saat air jeruk nipis mengenai kulit kepala. Tapi demi menghalau ketombe, terus saja saya gosok-gosokkan jeruk nipisnya. Kenapa jeruk nipis dianggap sebagai cara efektif menghilangkan ketombe? Ini karena keasamannya yang membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, yang pada akhirnya akan membuat jamur di kulit kepala lebih sulit berkembang.

Sepertinya ketombe saya agak berkurang setelah beberapa kali kulit kepala diolesi jeruk nipis. Tapi karena nggak telaten dan nggak nyaman dengan rasa perihnya, akhirnya saya tidak melanjutkan cara ini.

2. Menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa

Minyak kelapa sering disebut sebagai obat alami ketombe. Alasannya karena minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan. Kekeringan area kulit kepala inilah yang dapat memperburuk ketombe.

Health Line menyebut ada potensi antimikroba dari minyak kelapa yang dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga mengurangi gejala eksim dan ketombe. Saya pernah mencobanya, tapi nggak lama karena nggak terlalu suka sama aromanya. Mungkin kalau ditelateni, akan ada hasil positif. Apalagi ada penelitian yang menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu dalam perawatan eksim, suatu kondisi kulit yang bisa menyebabkan ketombe.

3. Menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Konon lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga lidah buaya dapat membantu melindungi kulit kepala dari ketombe. Lidah buaya juga diyakini bisa mengurangi peradangan, sehingga dapat meredakan gejala yang muncul akibat ketombe.

Karena di depan rumah ada tanaman lidah buaya, saya pun mencoba mengoleskannya ke kelit kepala untuk menghilangkan ketombe. Mungkin karena saya kurang rutin mengoleskan lidah buaya, jadilah ketombe di kepala masih saja bercokol. Padahal kalau mau telaten, mungkin ketombe bisa kapok, seperti yang dibuktikan oleh teman saya.

4. Menghilangkan ketombe dengan baking soda

Baking soda memang tidak hanya memberi manfaat dalam kegiatan masak-memasak, tapi juga ditengarai bisa membantu menghilangkan ketombe. Health Line melaporkan baking soda bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi gatal-gatal di kulit kepala.

Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang bermanfaat dalam menghilangkan ketombe. Penggunaan baking soda untuk menghilangkan ketombe adalah dengan mengoleskannya ke rambut basah, lalu pijatkan ke kulit kepala. Biarkan baking soda tersebut selama satu atau dua menit, kemudian lanjutkan keramas seperti biasa. Untuk cara ini, saya belum pernah mencoba ya guys.

5. Menghilangkan ketombe dengan cuka sari apel

Keasaman cuka sari apel dipercaya bisa membantu menstimulasi pelepasan sel kulit mati di kulit kepala. Selain itu, cuka ini juga diyakini bisa menyeimbangkan pH kulit, sehingga mengurangi pertumbuhan jamur. Nah, kondisi ini pada akhirnya bisa membantu menghilangkan ketombe.

Bagaimana cara pakainya? Kita hanya perlu menambahkan beberapa sendok makan cuka sari apel ke sampo yang dipakai. Bisa juga dengan mencampurnya dengan minyak esensial, lalu semprotkan langsung ke rambut. Cara ini juga belum saya coba.

Mengingat saya orangnya kurang telaten, maka saya pun mencari sampo antiketombe. Di pasaran ada banyak sekali sampo antiketombe, dan saya pun mencoba satu demi satu. Masalah yang saya hadapi, di penggunaan awal sampo tersebut, ketombe saya berkurang drastis. Tapi selanjutnya ketombe di kepala saya sepertinya ‘kebal’. Harus cari sampo lain deh.

Hingga akhirnya saya menemukan Ginger Scalp Care Shampoo dari Body Shop. Sungguh ini bukan pesan sponsor ya, teman-teman. Saya hanya berbagi cara menghilangkan ketombe yang manjur bagi saya.

Ginger Scalp Care Shampoo merupakan campuran minyak atsiri jahe dari Sri Lanka, kulit kayu birch, ekstrak willow putih dan madu dari Community Trade. Untuk hasil yang lebih baik, kita bisa pakai Ginger Scalp Care Conditioner. Tapi saya hanya pakai samponya saja, dan luar biasa, perlahan tapi pasti ketombe di rambut saya berkurang drastis.

Bagaimana denganmu, apakah punya cara ampuh menghilangkan ketombe?

*) Ini merupakan tulisan ketujuh dari BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge.