Tags

, , , , ,

Belajar jadi blogger yang lebih profesional/ Foto: dok. Hiip Academy

Blogger bukan sekadar menulis di blog semata. Jika dikelola lebih profesional, blogger bisa bermetamorfosa menjadi sosok yang lebih dikenal, bahkan bisa mendapatkan rupiah dari aktivitasnya. Nah, cara agar blog kita lebih engaging dengan pembaca dan akhirnya bisa dimonetisasi dibahas tuntas dalam acara Hiip Academy yang digelar oleh Hiip Indonesia.

Hiip Academy #1 digelar di Gedung Cohive 101, Jakarta, pada Sabtu 10 Agustus 2019. Acaranya menarik, seru, dan sudah pasti bergizi banget. Apalagi buat saya yang baru berniat untuk lebih profesional di dunia blogging. Narasumbernya kece-kece banget. Ada Ariev Rahman yang sudah menjelajah banyak negara dari aktivitas blogging-nya, serta Sitta Karina yang sudah mencicipi rupiah dalam jumlah lumayan sebagai blogger. Hmm, menggiurkan ya?

Lalu apa saja yang dibahas para narasumber di Hiip Academy #1? Bagi yang tidak sempat hadir, tenang saja, karena saya ada sedikit rangkumannya. Siapa tahu semangat untuk menulis di blog, menerbarkan kebaikan dan informasi ke banyak orang, bisa menular ke mana-mana. Siap menyimak?

Membuat Engaging Blog

Ariev Rahman memberi materi di Hiip Academy #1/ Foto: dok. Hiip Academy

Pertama, paparan dari travel blogger, Ariev Rahman, tentang cara membuat engaging blog. Menurutnya ada dua ‘Kon’ yang perlu banget diperhatikan jika kita ingin menjadi blogger yakni konten dan konsisten.

“Konten yang baik akan membuat pengunjung datang, dan konsisten menyediakan konten yang baik, akan membuat pengunjung kembali,” terang pria yang pernah menjadi salah satu dari 10 Travel Blogger Indonesia Terbaik 2018 versi GoTravelly ini.

Ariev Rahman memberi materi di Hiip Academy #1/ Foto: dok. Hiip Academy

Mengutip pendapat Gary Vee, seorang penulis buku-buku best seller, saat ini ada dua tipe konten yang baik. Pertama, informatif. Lalu yang satu lagi, aktraktif. Setiap orang punya kekuatan, so ada baiknya kita gali kekuatan diri untuk bisa menuliskan sesuatu yang khas dari diri kita.

Cek tulisan menarik lainnya di sini ya: Menentukan Niche Blog untuk Menjadi Blogger yang Lebih Serius

Dari blogging, Ariev Rahman bisa menjejak kaki ke Amerika, Australia, Eropa, juga Afrika. Hmm, seenak itukah menjadi seorang travel blogger? Karena sudah mendengar ceritanya, ternyata kesuksesannya tidak dibangun dalam satu malam. Butuh perjuangan yang tidak mudah. Namun yang jelas, menulislah mulai saat ini. Seperti Ariev Rahman bilang, “Kita tidak akan pernah tahu ke mana tulisan akan membawa kita.”

Monetisasi Blog

Sitta Karina memberi materi di Hiip Academy #1/ Foto: dok. Hiip Academy

Paparan kedua dari Sitta Karina, seorang blogger yang juga penulis buku, tentang monetisasi blog. Sebelum memonetisasi blog, kita harus memastikan blog kita berkualitas. Bagaimana pun, kualitas blog ditentukan oleh jumlah pengunjung. Nggak heran, di tempat kerja saya dulu page views selalu jadi acuan.

Membangun blog berkualitas nggak asal bikin pastinya. Kita perlu mengidentifikasi sasaran pembaca, niche blog juga harus jelas, serta tersedia konten-konten yang menarik dan bermanfaat. Yang perlu diperhatikan pula adalah waktu loading blog cepat, tata letak nyaman dibaca, konten rajin diperbarui, dan ada sentuhan personal.

Tulisan menarik lainnya ada di tautan berikut ini: 5 Alasan Saya Perlu Menulis Blog

Sitta Karina mengingatkan sebelum mulai monetisasi blog, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dulu, yakni:

  1. Memiliki blog pribadi
  2. Blog terdaftar di Google Search Console
  3. Kuasai storytelling
  4. Rajin ngeblog
  5. Jadikan blog sebuah komunitas interaktif
  6. Rajin bermedia sosial
  7. Konsisten pada kategori blog
  8. Traffic terus tumbuh.
Sitta Karina memberi materi di Hiip Academy #1/ Foto: dok. Hiip Academy

Kalau untuk pemula seperti saya sih sarannya nulis, nulis, dan nulis saja dulu. Insya Allah, rezeki nggak ke mana, sehingga di waktu yang tepat akan tiba saatnya mencicipi rupiah dari blogging. Yang terpenting adalah menciptakan konten-konten yang bermanfaat dan berkualitas.

Lalu dari mana uang datang melalui aktivitas ngeblog? Ada banyak cara, Kawan. Bisa melalui sponsored post, banner ads, program afiliasi, jaringan iklan, serta menjual produk dan jasa. Nantinya kalau sudah mulai dikenal, kita sebagai blogger perlu banget punya rate card. Dengan adanya rate card, segalanya lebih jelas, dan kita pun tampak makin profesional.

Sekilas Hiip Indonesia

Hiip Indonesia/ Foto: dok. Hiip Academy

Hiip Indonesia merupakan influencer platform, yang merupakan bagian dari Hiip Asia. Hiip Asia sendiri telah beroperasi di tiga negara yakni Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Impian Hiip Asia adalah menjadi influencer platform terbesar di Asia Tenggara.

Hiip Indonesia saat ini merupakan PT, yang dikelola dan dikembangkan oleh founder Blogger Perempuan Network, Shintaries Nijerinda dan Almazia Pratita. Didukung teknologi canggih, lebih dari 500 merek menggunakan Hiip untuk menjalin hubungan erat dengan jutaan konsumen. Dengan kekuatan yang dimiliki, Hiip Asia, khususnya Hiip Indonesia, berharap akan lahir influencer-influencer profesional, serta membantu influencer yang tengah me-maintain kariernya.

Almazia Pratita menjelaskan tentang Hiip Indonesia/ Foto: Hiip Academy

Nah, Hiip Academy adalah kegiatan yang diselenggarakan Hiip Indonesia secara berkala. Tidak melulu konten tulisan, nantinya akan ada kelas vlog, fotografi, dan sebagainya. Saya ingin ikut lagi nih kelas-kelas lainnya. Materinya bagus dan disajikan dengan cara yang interaktif. Selain itu jadi menambah teman juga. Bahkan ada berbagai hadiah di sepanjang acara. Seru!

Para penerima hadiah di Hiip Academy #1/ Foto: Hiip Academy