Tags

, ,

Di depan kos saya hampir setiap hari berisik sekali. Soalnya di depan kos ada halaman cukup luas yang dipakai anak-anak bermain, dari sepakbola hingga sepeda-sepedaan. Kadang-kadang terganggu juga sih, soalnya jadi nggak konsentrasi belajar. Tapi mau gimana lagi, namanya juga anak-anak. Bermain kan sudah jadi dunianya.

Hmm anak-anak. Jadi ingat waktu saya masih anak-anak… Kalau disuruh menyebut 5 hal yang paling memorable dari masa anak-anak, apa ya yang terlintas…. Kalau buat saya, 5 hal itu adalah:

1. Anak Mas

Ini makanan populer banget waktu saya masih SD. Awalnya saya heran melihat teman-teman yang makan mie instan tanpa direbus dulu. He he nggak gaol gitu ya. Maklum saya biasa membawa bekal dari rumah dan nggak dikasih uang jajan. Tapi akhirnya saya pun masuk komunitas anak-anak pemakan Anak Mas. Waktu itu Anak Mas populer bersama Cokelat Jago, Krip-krip, permen karet Yosan (waktu itu ada kuisnya mengumpulkan huruf pembentuk kata yosan di balik bungkus permen) dan Wafer Superman.

2. Boneka Kertas

Dulu saya dan teman-teman SD menyebut mainan ini orang-orangan. Ya, boneka kertas yang bajunya juga dari kertas dan bisa diganti-ganti. Ada baju tidur, baju santai, baju pesta, baju berenang, baju pengantin, dan sebagainya. Saya punya banyak sekali koleksi baju boneka kertas. Ada satu baju yang masih saya ingat jelas, yakni gaun terusan hitan dan pink. Gaun itu hanya punya satu lengan dan ada bunga mawar di satu-satunya lengan itu. Saya mendapat baju tersebut dari sepupu saya. Sepupu saya menyebut baju itu ‘klambi londo’ ha ha ha… Lucu banget namanya. Arti dalam bahasa Indonesia, kira-kira ‘baju bule’. Waktu saya SMP, ibu saya tanpa ba bi bu membakar mainan itu😦 Selain itu waktu SD main lompat tali, bekel, bola, pistol air, dan balon yang dibuat dengan meletakkan isi tub ke ujung sedotan lalu ditiup, serta ada game watch juga.

3. NKOTB

Waktu kelas 4 SD mulai kenal sama lagu-lagu remaja (padahal masih anak-anak ya, umur saya waktu itu saja baru 8 tahun). Jadi fenomena anak-anak mengenal lagu orang dewasa itu sebenarnya nggak terjadi belakangan ini saja ya. Dan yang membuat saya dan teman-teman klepek-klepek adalah New Kids on The Block. Dulu paling suka sama Step by Step dan Where Do I Go from Here.

Kenapa suka sama NKOTB? Terpengaruh sama teman sebangku saya yang kakak-kakaknya memang sudah remaja. Nah teman saya itu buku tulisnya semua bergambar NKOTB. Penasaranlah yang membuat saya mencari tahu NKOTB. Dulu waktu saya mendapat ucapan selamat ulang tahun dari orangtua melalui radio, kalau nggak salah juga hadiah dari penyiarnya Happy Birthday-nya NKOTB.

4.  Superboy

Film ini dulu pernah diputar di TVRI dan menjadi film kesukaan saya dan teman-teman sekelas waktu SD. Kebetulan di kelas ada anak laki-laki yang pakai kacamata dan cakep (setidaknya menurut cewek-cewek SD waktu itu),  jadilah kami gemar menarik perhatian tuh anak cowok. “Aku Lana-nya (pacar Super Boy namanya Lana), terus dia nih Superboy-nya, hi hi hi.” Begitulah khayalan nggak jelas kami. Centil banget….

Kami hidup di kota kecil dan waktu itu hanya memfavoritkan satu stasiun TV yaitu TVRI, soalnya stasiun televisi swasta belum bisa diakses secara luas. Pas mau lulus SD aja televisi swasta semakin memasyarakat. Eia waktu itu nonton He-Man (lucu banget, kalau nggak salah pas mo berubah gitu pergi ke goa), Kura-kura Ninja, dan Super Friends juga.

5.  Majalah Bobo

(Gambar: http://i590.photobucket.com/albums/ss346/yadinewbie/bobo_fiksi_12-231×300.jpg)

Sejak saya memiliki status pelajar (meski itu pelajar TK), orangtua saya rajin membeli majalah Bobo. Eit sebenarnya dulu orangtua saya juga membeli majalah Siswa (dulu paling suka sama cerita serial Keti), tapi hanya sekitar 3 tahun. Selanjutnya hingga saya SMP, majalah Bobo masih selalu jadi majalah bacaan. Waktu itu saya suka sekali sama cerita bergambar Pak Janggut (cerita tentang pak tua berjanggut putih yang punya buntelan ajaib), cerita bergambar Kucing dan Tikus (kisah dua gadis beda kepribadian yang sama-sama menyukai balet), cerita bergambar Bella dan Bellinda (dua gadis berbeda dari waktu yang berbeda tapi punya semacam kontak batin), cerita bergambar Elvira (robot perempuan), sama ada satu lagi lupa judulnya pokoknya ceritanya tentang orang dari masa depan yang terlempar ke masa kini.

Dari majalah bobo, kami pernah dapat hadiah meja belajar (sampai sekarang masih ada tuh di rumah) dan pensil mekanik namanya kalau nggak salah pensil Mozu.

Hmm anak-anak… Sebenernya banyak hal yang ngingetin sama masa anak-anak. Dulu punya tempat pensil yang lucu-lucu (bentuk piano, bertingkat, bolak-balik). Inget juga sama rautan pensil yang ada kacanya, senam SKJ, wuaaa banyak banget. Biarpun judul postingan saya ini 5 hal dari masa kecil, tapi kalau dicermati lebih dari 5 ya he he he. Senang ya jadi anak-anak…. Hmm masa yang sudah lama sekali, wah jadi ngerasa tua ha ha ha…